--> Skip to main content

Cara menambah opsi Control Panel di Context Menu Windows

Pada sistem operasi berbasis Windows telah disediakan fitur Control Panel, yaitu untuk mengatur segala sesuatu yang ada pada sistem operasi Windows yang telah terinstall pada Laptop atau Komputer sesuai keinginan kalian. Namun apakah kalian tau letak dimana pengaturan Control Panel yang telah disediakan oleh sistem Operasi Windows?

Nah, cukup mudah untuk mengakses Control Panel, yaitu hanya dengan menggunakan fitur Search yang telah disediakan oleh sistem operasi Windows, kemudian kalian tinggal ketik Control Panel, dan langsung keluar fitur Control Panel untuk kalian agar dapat menyesuaikan pengaturan Windows sesuai kebutuhan dan keinginan kalian.

Cara menambah opsi Control Panel di Context Menu Windows

Namun, apakah kalian tau cara cepat mengakses Control Panel? Yap, ada cara cepat untuk dapat mengakses fitur tersebut, yaitu hanya dengan klik kanan. Dengan klik kanan maka akan keluar Context Menu dan kalian akan dapat langsung memilih opsi Control Panel yang ada di Context Menu tadi, namun untuk memunculkan opsi Control Panel kalian harus mengatur nya terlebih dahulu agar opsi tersebut dapat muncul pada Context Menu.

1. Tekan Win+R kemudian ketik regedit
Win+R

2. Kemudian buka tray HKEY_CLASSES_ROOT\Directory\Background\shell
3. Kemudian kita akan membuat key baru yaitu dengan cara klik kanan pada kolom sebelah kanan kemudian pilih New > Key dan beri nama Control Panel.
Key Control Panel

4. Selanjutnya dalam key Control Panel yang baru saja kita buat, kita akan membuat key baru lagi dan diberi nama command.
Key Command

5. Lalu double klik pada (Default) yang berada di dalam key command.
Double click (Default)

6. Dan di dalam Value data, masukkan kode seperti dibawah ini.
rundll32.exe shell32.dll,Control_RunDLL
Input the code


7. Kemudian klik OK dan close windows Registy Editor kalian dan silahkan kembali ke desktop lalu klik kanan, maka akan muncul opsi Control Panel yang berada di dalam Context Menu.
Control Panel in Context Menu

Jadi Windows telah memberikan fitur untuk kita agar mempermudah dalam menkostumisasi Windows kalian, tapi dalam mengaksesnya mungkin orang awam akan kebingungan dalam mengaksesnya, tetapi Windows juga memberikan fitur dimana agar kita lebih cepat dan mudah dalam mengakses fitur lain untuk menkostumisasi Windows.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar