--> Skip to main content

Cara menghapus Temporary File pada Windows

Temporary file atau biasa disebut temp atau juga tmp adalah sebuah file yang kegunaannya bersifat sementara. Temporary file akan secara otomatis dibuat oleh sistem Windows ketika suatu program sedang dijalankan, digunakan atau pun diproses sebagai untuk menyimpan file sementara atau pun file cadangan.

Temporary file akan secara otomatis terhapus bila sebuah program yang dijalankan telah selesai digunakan atau diproses. Tapi juga terkadang masih ada file temporary yang masih tertinggal dan tidak dapat terhapus secara otomatis dan akan menyebabkan storage atau penyimpanan kalian menjadi membengkak alias akan mengurangi space hardisk.

Cara menghapus Temporary File pada Windows

Maka dari itu kita perlu menghapus temporary file yang masih tertinggal karena selain akan mengurangi space hardisk, temporary file juga akan mengurangi kinerja komputer atau laptop, sehingga menyebabkan performa menjadi kurang stabil seperti lemot dan not responding pada program yang sedang dijalankan.

1. Buka Run dengan menekan tombol kombinasi shortcut pada windows Win+R.
2. Ketik perintah %Temp% pada kolom Run yang tersedia kemudian tekan enter.
Press Win+R to open Run

3. Kemudian akan muncul Windows Explorer dan tekan saja Ctrl+A untuk memilih semua.
Windows explorer

4. Lalu tekan tombol shortcut Shift+Delete pada keyboard, guna menghapus semua file temporary secara permanen.

Nah, itulah tutorial singkat untuk Cara menghapus Temporary File pada Windows sehingga dapat meningkatkan kinerja dan performa komputer atau laptop kalian. Dengan adanya tips ini dapat bermanfaat dan dapat melancarkan kalian dalam kegiatan komputasi ketika sedang bermain game, browsing atau mengerjakan tugas sekolah/kuliah.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar