--> Skip to main content

Menghilangkan Folder $RECYCLE.BIN, System Volume Information dan file desktop.ini pada Windows 10

Terkadang kita terlihat kebingungan dan asing dengan kemunculan file atau folder yang bersifat hidden atau tidak pernah kita buat tapi tiba-tiba muncul di komputer atau laptop kita yang terinstall Windows 10, sehingga kita bingung dan bertanya-tanya "ini file/folder apaan ya? perasaan ga pernah bikin file/folder ini deh", tanpa berpikir panjang diantara kita semua yang masih awam akan keanehan hal tersebut pasti akan langsung menghapus file atau folder tersebut.

Mungkin orang awam akan beranggapan bahwa file atau folder yang muncul secara tiba-tiba di komputer atau laptopnya yang terinstall Windows 10 itu dianggapnya sebaga virus?

Menghilangkan Folder $RECYCLE.BIN, System Volume Information dan file desktop.ini pada Windows 10

Seperti apa sih file atau folder yang asing tersebut? Ya, contohnya seperti folder $RECYCLE.BIN, System Volume Information dan file desktop.ini, orang awam pun akan berpikiran bahwa semua itu adalah virus karena tidak dikenalinya atau asing melihatnya di komputer atau laptop mereka yang terinstall sistem operasi Windows 10.

Padahal sebenarnya file atau folder seperti $RECYCLE.BIN, System Volume Information dan desktop.ini adalah file dan folder system yang disediakan oleh sistem operasi Windows 10, tentunya dengan fungsinya atau kegunaannya masing-masing.

Nah, terkadang file atau folder system itu sendiri kadang mengganggu kita karena merasa risih dengan kehadiran file atau folder tersebut, seperti mengganggu atau merusak tatanan folder yang sudah kita buat eh malah tiba-tiba muncul begitu saja, atau seperti sebelumnya tidak pernah kita lihat eh malah tiba-tiba muncul begitu saja. 

Lalu bagaimana menghapus/menghilangkannya?

File atau folder system tersebut tidak dapat dihapus, jikala di hapus pun akan muncul kembali karena itu ya memang file dan folder dari sistem, sehingga jalan satu-satunya adalah kita menyembunyikannya dari komputer atau laptop kita yang terinstall Windows 10.

Menghilangkan Folder $RECYCLE.BIN, System Volume Information dan file desktop.ini pada Windows 10

1. Yang perlu dilakukan pertama adalah membuka File Explorer pada Windows 10, kalian bisa mencarinya di start-menu atau biasanya terdapat icon-nya di taskbar, atau juga bisa menggunakan tombol shortcut Windows+E.

2. Kemudian klik tombol View di pojok kiri atas lalu pilih Options di pojok kanan. Maka akan muncul window baru yaitu Folder Options.

3. Dari window Folder Options masuk ke tab View, lalu scroll kebawah cari dan beri tanda centang Hide protected operating system files (Recommended).

4. Lalu klik Apply kemudian OK.

Sebenarnya hal ini tidak hanya terjadi pada Windows 10 tapi juga dapat terjadi pada windows versi sebelumnya seperti Windows 8.1, Windows 8, atau pun Windows 7. Sehingga bila hal ini terjadi pada komputer atau pun laptop kalian yang terinstall Windows 8.1, Windows 8, atau pun Windows 7, kalian tetap dapat menggunakan cara ini.
Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar