--> Skip to main content

Cara membuat Shortcut Key pada aplikasi di Windows

Sebelumnya Windows telah menetapkan beberapa shortcut keyboard default untuk membuka aplikasi atau perintah-perintah tertentu, seperti Windows + R untuk membuka Run, kemudian ada juga Windows + E untuk membuka Windows Explorer dan masih banyak lagi. Nah, lalu pertanyaannya adalah apakah kita dapat membuat atau menetapkan suatu shortcut keyboard yang akan membuka aplikasi yang kita tentukan? Jawabannya BISA!

Sebelum membahas tutorialnya, disini saya akan memberikan fungsi dari Shortcut Key, nah fungsinya sendiri tidak lain adalah untuk mempermudah kita dalam membuka aplikasi secara mudah dan instan yang sudah ditentukan Shortcut Key nya. Sebenarnya tidak hanya untuk membuka aplikasi, tetapi juga dapat digunakan untuk tools yang terdapat pada aplikasi tersebut, contohnya adalah Adobe Photoshop yang terdapat beberapa shortcut key untuk menggunakan tools yang ada didalamnya.

Cara membuat Shortcut Key pada aplikasi di Windows

Nah, untuk Cara membuat Shortcut Keyboard pada aplikasi di Windows ini sangatlah mudah, kalian tidak perlu menggunakan software atau aplikasi third-party untuk melakukannya, karena pada Windows sendiri pun sudah menyediakan fitur untuk memberikan "Shortcut key" pada setiap aplikasi yang ingin ditetapkan Shortcut key nya, lalu bagaimana caranya? Simak tutorial berikut ini.

Baca Juga: Menampilkan Gambar Thumbnail PSD di Windows Explorer

Cara membuat Shortcut Keyboard pada aplikasi di Windows

1. Siapkan satu program atau aplikasi yang akan kita buat Shortcut Keyboardnya.
2. Klik kanan pada icon program atau aplikasi tersebut dan pilih Properties. Sebagai contoh saya menggunakan program CMD atau Command Prompt.
3. Setelah itu klik pada kolom Shortcut key lalu silahkan tekan tombol kombinasi untuk membuat Shortcut key. Disini saya membuat Shortcut key dengan kombinasi tombol Ctrl + Alt + T.
4. Kemudian tekan Apply lalu OK.

step-by-step

Nah, itulah artikel tutorial tentang Cara membuat Shortcut Key pada aplikasi di Windows, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kalian dalam mengoperasikan sistem operasi besutan Microsoft ini yaitu Windows.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar