--> Skip to main content

Cara install MOCP (Music On Console Player) di Linux Ubuntu/Mint

MOCP atau kepanjangan dari Music On Console Player adalah sebuah musik player yang dijalankan melalui terminal pada GNU/Linux. MOCP ini di tulis dengan bahasa pemrograman C dan dijalankan melalui CLI sehingga untuk menggunakan MOCP ini dapat berjalan dengan enteng dan tidak begitu membebani CPU atau kinerja komputer.

MOCP ini menggunakan interface CLI (Command Line Interface) sesuai dengan namanya yang menggunakan kata "Console" sehingga untuk menjalankan MOCP ini menggunakan Terminal pada linux atau Command Prompt pada windows. Tak seperti kebanyakan orang yang menganggap penggunaan interface CLI lebih sulit, pada MOCP ini di desain sedemikian rupa agar penggunaan MOCP dengan interface CLI ini lebih mudah di operasikan.

Cara install MOCP (Music On Console Player) di Linux Ubuntu/Mint

MOCP (Music On Console Player) ini juga mendukung berbagai format audio seperti MP3, Ogg Vorbis, FLAC, Musepack (mpc), Speex, Opus, WAVE, those supported by FFmpeg/LibAV (e.g., WMA, RealAudio, AAC, MP4), AIFF, AU, SVX, Sphere Nist WAV, IRCAM SF, Creative VOC, SID, wavpack, MIDI dan modplug.

Nah, tanpa basa basi lagi, disini saya akan langsung saja memberikan tutorial bagaimana Cara install MOCP (Music On Console Player) di Linux Ubuntu/Mint, simak tutorial berikut ini:

Step 1. Buka terminal dengan menekan tombol Ctrl+Alt+T.
Step 2. ketik perintah berikut ini untuk menginstall MOCP nya.
apt-get install moc moc-ffmpeg-plugin
Step 3. Untuk membukanya tinggal ketik perintah mocp pada terminal.
Step 4. Navigasikan ke folder dimana kalian menyimpan musik atau lagu kalian.

Untuk hotkey nya kalian bisa menggunakan cara ini untuk mengontrol MOCP.

  • Enter : Memutar musik
  • S : Berhenti
  • Q : Keluar dari aplikasi
  • > : Meningkatkan volume
  • < : Menurunkan volume

Nah, itulah tutorial bagaimana Cara install MOCP (Music On Console Player) di Linux Ubuntu/Mint, semoga bermanfaat jangan lupa berikan komentar juga jangan lupa share kepada teman-teman kalian agar mereka tau tentang artikel ini dan mencoba tutorial ini.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar